Kegiatan Pembelajaran

Museum Nasional

Program pembelajaran/kurikulum pembelajaran di KSS

Program pembelajaran/kurikulum pembelajaran di KSS terdiri dari 4 program yang harus diikuti oleh siswa;

  1. Program pembelajaran intra-kurikuler;
  2. Program pembelajaran ko-kurikuler;
  3. Program pembelajaran ekstra-kurikuler; dan
  4. Program pembiasaan—hidden curriculum.

Program pembelajaran Intra-kurikuler KSS terdiri dari tiga kelompok mata pelajaran meliputi

  1. Kelompok mata pelajaran wajib A;
  2. Kelompok pelajaran wajib B; dan
  3. Muatan lokal.

Program kegiatan ko-kurikuler KSS meliputi 7 kegiatan yang dirancang untuk mempertajam pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dikembangkan dalam program kegiatan pembelajaran intra-kurikuler.

NO

KEGIATAN

DESKRIPSI

1

Edutrip

Kegiatan kunjungan siswa ke luar sekolah untuk memperdalam pengetahuan terkait pembelajaran sesuai tema. Seperti kunjungan ke museum, dan lain-lain

2

Calistung

Kegiatan memperdalam cara baca, tulis, dan hitung khusus siswa kelas 1, 2, dan 3 untuk menunjang pembelajaran di kelas reguler.

3

Festival Karya Anak

Kegiatan unjuk tampil siswa terhadap hasil karya yang telah dibuat atau yang akan ditampilkan, seperti pameran hasil kerajinan anak atau penampilan siswa.

4

Baksos & Kerja Bakti

Kegiatan sosial siswa untuk berbagi dengan orang sekitar yang kurang mampu dengan mengumpulkan dana atau bekerja bersama membersihkan lingkungan sekitar.

5

Peringatan Hari Keagamaan

Kegiatan siswa memasang pernak-pernik sesuai dengan peringatan keagamaan guna mengenalkan berbagai agama di Indonesia dan menanamkan sikap toleransi antar agama.

6

Simulasi Bencana

Guru dan siswa akan belajar dan melakukan secara bersama-sama latihan simulasi bencana seperti gempa bumi, tsunami, kebakaran, dan lainnya.

7

Project Kecerdasan Finansial

Siswa bersama orang tua melakukan project membuat celengan dan orang tua mengontrol anaknya untuk menabung setiap hari di rumah atau di sekolah.