Tentang KSS

Aira Althafunnisa G

“KAK SETO SCHOOL” (KSS) adalah sekolah formal yang didirikan oleh Yayasan Kazeto Putra Perkasa (YKPP) sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi anak-anak Indonesia. Kehadiran KSS dalam kancah pendidikan formal di tanah air diharapkan dapat memberikan alternatif solusi atas sejumlah tantangan yang dihadapi masyarakat yang diakibatkan oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat pesat. Perkembangan tersebut, tidak saja merubah cara pandang tetapi juga merubah berbagai sendi kehidupan masyarakat baik secara ekonomi, sosial, budaya, politik dan lain sebagainya.

Setelah lebih dari satu dekade mengelola pendidikan non-formal dalam bentuk homeschooling yang telah melahirkan banyak alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri, serta berkiprah dalam pembangunan secara luas dengan berbagai macaml profesi, lembaga pendidikan formal ini diharapkan dapat memberikan warna lain dalam pengembangan dunia pendidikan yang dihadapkan dengan situasi masyarakat yang berubah secara cepat dan tidak terprediksi, namun terkoneksi satu sama lain dan tidak terbatas ruang.

Situasi tersebut, tentunya harus dihadapi secara optimis dan positif dengan mempersiapkan anak-anak menjadi manusia yang tidak saja memiliki keterampilan yang dibutuhkan tetapi juga memiliki karakter positif dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Salah satu tantangan yang hari ini yang dapat dirasakan secara langasung adalah dampak negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)—seperti anak kecanduan gadget, cyber bulliying, pelecehan seksual, traficking dan lain sebagainya. Lain dari itu, di masa depan, anak-anak juga akan dihadapkan dengan tantangan persaingan dunia kerja, pertumbuhan demografi yang besar, terbatasnya sumber daya alam, persoalan ekonomi global yang tidak menentu dan lain-lain.

Untuk menjawab tantangan tersebut, KSS dirancang dengan mengkolaborasi prinsip-prinsip pendidikan berbasis rumah (Homeschooling Kak Seto) yang lebih fleksibel dan menyenangkan dengan pendidikan formal pada umumnya. Bisa dikatakan, KSS adalah sekolah formal ‘rasa’ homeschooling. Lain dari itu, proses pendidikan yang diselenggarakan oleh KSS juga dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan ramah anak dan sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak. Untuk memperkuat dua aspek tersebut, KSS juga mengembangkan kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar secara positif, bermakna dan bertanggung jawab sebagai bekal anak-anak dalam menghadapi masa depan.

Berdasarkan gambaran tersebut, bisa dikatakan bahwa KSS adalah sekolah berkualitas yang: (1) Nyaman dan ramah anak; (2) mendorong berkembangnya potensi anak; (3) menanamkan karakter positif pada anak; dan (4) menggunakan TIK sebagai basis pembelajaran. Keempat hal tersebut, adalah wajah pengembangan KSS sekaligus sebagai basis keunggulan KSS dalam dunia pendidikan.