Output dan Nilai

Aira Althafunnisa G

Output KSS

Output KSS adalah :

  1. Community Builder. Lulusan Kak Seto School mempunyai kecakapan hidup yang dapat menopang diri serta lingkungannya dan menjadi pemimpin dan pembaharu yang efektif dan selalu berpikir kreatif, kritis, dan inovatif;
  2. Good character. Lulusan Kak Seto School memiliki nilai-nilai yang mulia dalam membangun komunitas dan bangsa di masa mendatang di antaranya kemandirian, kedisiplinan, sosialisasi, toleransi, kerja sama, tanggung jawab, dan kepercayaan diri.

Nilai-nilai yang dikembangkan KSS

KSS memiliki tujuh nilai yang dikembangkan dari nilai-nilai utama yang ditetapkan pemerintah dalam pendidikan. Nilai-nilai utama pemerintah yang dimaksud adalah.

  1. Religius. Mencermintakan keberimanan kepada Tuhan YME; 
  2. Integritas. Upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan;
  3. Nasionalis. Menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya; 
  4. Gotong royong. Mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama;
  5. Mandiri. Tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan mimpi dan cita-cita.

Sedangkan tujuh nilai yang dikembangkan KSS adalah:

Nilai

Deskripsi

Input

Kemandirian

Siswa mampu mengatur dirinya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain dalam upaya mencapai harapan dan cita-cita. Contoh : Siswa mengerjakan tugas sendiri.

 

Kedisiplinan

Siswa mampu menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Contoh : Siswa hadir tepat waktu.

 

Proses

Sosialisasi

Siswa mampu berproses untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga terjalin hubungan baik dengan teman, guru, bahkan seluruh warga sekolah. Contoh : Siswa membiasakan Sapa, Salam, dan Senyum.

 

Toleransi

Siswa mampu bersikap saling menghargai orang lain baik dalam perbedaan pendapat, bahkan berbeda agama. Contoh : Siswa melaksanakan peringatan keagamaan sebagai bentuk toleransi antar agama.

 

Kerja Sama

Siswa mampu melaksanakan usaha bersama dengan teman atau orang lain  untuk mencapai tujuan bersama. Contoh : Siswa bekerja sama dengan baik dalam mengerjakan tugas kelompok.

 

Output

Tanggung Jawab

Siswa mampu menyelesaikan tugas dengan penuh kesadaran. Contoh : Siswa membuang sampah pada tempatnya.

 

Kepercayaan Diri

Siswa memiliki sikap positif terhadap dirinya sendiri untuk berani tampil atau menyelesaikan permasalahannya sendiri. Contoh : Siswa berani tampil percaya diri dalam hal bertanya dan berpendapat.